Minggu , 19 November 2017
Home / Unik / Yang Unik dari Sekitar Danau Toba, Andaliman
andaliman
andaliman

Yang Unik dari Sekitar Danau Toba, Andaliman

NUSANTARASATOE.COM Ada satu rempah yang tidak terpisahkan dari Sumatera Utara dan ini hanya dapat ditemukan di Pulau Samosir. Rempah Andaliman ini kerap dikenal dengan nama Merica Batak. Namun di Cina, Jepang, Korea dan India rempah andaliman punya sebutan lain yaitu Sichuan Pepper.

Rempah ini memiliki nama latin Zanthoxylum Acanthopodium adalah jenis bunga-bungaan yang termasuk dalam rumpun tanaman Citrus. Berbeda dengan tanaman budidaya pada umumnya, tanaman ini tumbuh secara alami di tanah humus.

Tidak mudah untuk mendapatkan merica istimewa ini, hanya dapat tumbuh di tempat dingin dan penyebarannya pun terbatas, hanya beberapa daerah di Sumatera Utara pada ketinggian 1.200 – 1.400 mdpl.

Pohon andaliman mirip seperti pohon teduh, memiliki daun yang cukup rimbun dan batang pohon yang penuh dengan duri. Buahnya sangat mirip dengan lada, karena kemiripan inilah yang menjadi alasan buah andaliman kerap disebut sebagai merica batak.

Sekilas wanginya seperti jeruk nipis, namun ketika dicoba rasanya hangat, namun juga getir. Aroma andaliman sangat khas dan cukup tajam. Itulah mengapa masakan Suku Batak memiliki rasa pedas yang khas, pedas yang bisa membuat lidah terasa bergetar dan kelu, cita rasa ini dihasilkan dari rempah andaliman.

Tanaman yang hanya tumbuh di dataran tinggi ini memiliki harga pasaran yang sangat tinggi, sekitar Rp. 200.000,-/Kg bahkan pada hari-hari tertentu seperti hari raya idul fitri harganya bisa mencapai Rp. 500.000,-/Kg.

Di Jakarta, tidak semua pasar tradisional menyediakan bumbu ini. Namun bisa ditemukan di Pasar Senen Jakarta Pusat dan Pasar Klender Jakarta Timur.

Manfaat Andaliman selain sebagai Bumbu masakan

Sebagaimana dilansir greneers.co yang ditulis Sarah R. Megumi, Disamping berfungsi sebagai bumbu masakan, beberapa penelitian tentang andaliman membuktikan bahwa buah ini memiliki aktivitas antioksidan dan antimikroba.

Serbuk buah andaliman juga mampu menghambat pertumbuhan bakteri seperti Eschericia coli, Bacillus cereus, Salmonella typhimurium, Pseudomonas fluorescens dan Staphylococcus aureus.

Berdasarkan sifat antioksidan dan antimikroba menjadikan buah ini berpotensi sebagai bahan pengawet alami, menggantikan pengawet sintetik yang telah diketahui membahayakan bagi kesehatan manusia.

Manfaat lain, berdasarkan penelitian adalah sebagai insektisida untuk menghambat pertumbuhan serangga Sitophilus zeamais (hama bubuk jagung). Efeknya berupa daya tolak makan serangga atau mengurangi selera makan serangga.

 

A N D A L I M A N  (Zanthoxylum acanthopodium DC)
K E R A J A A N Plantae
D I V I S I Spermatophyta
K E L A S Dicotyledonae
O R D O Rutales
F A M I L I Rutaceae
G E N U S Zanthoxylum
S P E S I E S Zanthoxylum acanthopodium DC

 

Penulis: Joshua Situmorang

About admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *