Minggu , 19 November 2017
Home / Unik / [Rahasia Laut Terdalam]: Nomor #3. Dari Indonesia
ikan aneh unik
ikan aneh unik

[Rahasia Laut Terdalam]: Nomor #3. Dari Indonesia

NUSANTARASATOE.COM — Rahasia lautan hingga saat ini masih belum terungkap secara keseluruhannya, masih ada jutaan rahasia didalamnya. Hal itu wajar sebab planet kita hampir ¾ ditutupi oleh lautan (sekitar 70% dari permukaannya).

Artinya makhluk hidup di darat hanya menempati 29% daripada bumi, sisanya adalah hewan-hewan yang ada di lautan. Sehingga spesies di dalam laut lebih banyak daripada yang ada di daratan, dan ternyata masih sangat banyak hewan-hewan yang belum kita ketahui. Karena bersembunyi di laut dengan kedalaman yang sulit dijangkau oleh manusia.

Hewan-hewan tangguh yang tahan terhadap tekanan air yang begitu kuat, hewan-hewan yang masih bisa hidup dalam kegelapan lautan yang tak tembus oleh cahaya matahari. Manusia tentu tidak bisa dengan mudah untuk menemukan hewan berikut karena sulitnya akses menuju kesana.

Belum lagi adanya ancaman hewan-hewan buas yang bisa menghabisi anda di lautan. Karena beberapa hewan di lautan ada yang sangat ganas. Dan ada pula hewan-hewan atau ikan-ikan yang berburuk rupa (wajahnya yang sangat aneh dan menakutkan).

#1. Ikan Bermata Dua (Ikan Besar Mata)

Ikan ini merupakan spesies ikan yang sangat aneh dan jarang sekali bisa ditemui, sehingga sangat sulit untuk bisa mempelajari spesies ini. Sedangkan untuk bisa bertemu dengan ikan mata bola ini penyelam harus bisa menyelam di lautan yang gelap. Di kegelapan ikan ini bisa memancarkan cahaya yang disebabkan beberapa bahan kimia yang disebut Bioluminesensi dan berkat Bioluminesensi inilah yang dapat membantunya melarikan diri dari predator yang jahat.

#2. Ikan Besar Kepala

Tampaknya ikan ini seperti jelly yang begitu kenyal dan memiliki bibir yang menyerupai bibir manusia, wajahnya aneh dan menakutkan. Namun ikan ini memang tubuhnya seperti itu karena hidup pada air dengan tekanan tinggi sehingga saat ikan ini diangkat ke permukaan maka tubuhnya akan merenggang dan menjadi sangat kenyal. Ikan ini sama sekali tidak berdaya saat berada di permukaan, otot-ototnya tidak bisa digerakkan.

#3. Teuthidodrilus (Cacing Cumi)

Hewan ini mirip dengan kaki seribu atau semacam ulat berbulu. Keunikan hewan berkaki banyak ini adalah bentuknya yang elastis sehingga dapat berenang di lautan secara bebas dan juga bisa menempel pada dasar laut. Hewan ini ditemukan di lautan pada kedalaman 3 km dan lebih uniknya lagi hewan ini ditemukan di laut Sulawesi bagian barat Indonesia. Walaupun bentuknya aneh ternyata hewan ini hanya memakan SAL (Sari Air Laut) di laut yang merupakan campuran dari tanaman mikroskopik, hewan-hewan kecil, kotoran dan berbagai campuran lainnya.

#4. Cacing Laut

Hewan ini bersembunyi di dalam tanah dengan kedalam 1 – 3 meter di dalam laut. Cacing laut semacam predator yang menangkap mangsanya dengan menggunakan ujung kepalanya (mungkin itu mulutnya) dan ikan yang ditangkap akan langsung ditarik masuk ke lubangnya yang sempit.

#5. Bathothauma Lyromma

Bathothauma Lyromma adalah sejenis cumi-cumi bening yang tembus pandang (transparan) uniknya sebab hewan ini dapat memancarkan cahaya untuk menerangi kegelapan dan bening seperti kaca namun kenyal seperti jelly. Lampu pada dirinya dapat menerangi jalannya dari predator dan dapat pula menggelapkan siluet dari mata predator.

Dan terkadang pula hewan-hewan ini telah mengalami metamorfosis radikal selama mereka hidup kemudian berubah menjadi spesies yang berbeda jauh contohnya belut ini. Belut ini sudah tidak tampak seperti belut lagi, sudah lebih mirip nyawa belut daripada belut karena begitu bening dan karena kebeningan tersebut akan membuat predator susah untuk menemukannya dan belut jenis ini juga dapat menyala dalam kegelapan.

Sehingga dari semua materi ini kita akan belajar bahwa hewan-hewan ini telah diciptakan lengkap dengan perlengkapan yang dibutuhkan untuk hidup. Ikan yang tinggal pada laut yang gelap diberikan lampu dan masing-masing punya cara tersendiri untuk menghindari predator ataupun menjadi predator. Sungguh luar biasa! Tuhan begitu tau apa yang dibutuhkan ciptaannya sehingga kehidupan ini bisa terus berlangsung secara berkesinambungan. Yang menjadi pertanyaan apakah ini semua tercipta secara kebetulan ? pikirkan sendiri mana yang lebih masuk akal buat anda. (Jsg)*

 

Sumber: https://youtu.be/hJayw1wOPkA

About admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *